Pengembangan e-modul interaktif berbasis etnomatematika dengan konteks alat musik Jamjaneng pada materi geometri
Abstract
Jamjaneng merupakan alat music dari daerah Kebumen, Jawa Tengah yang memiliki beragam bentuk sehingga dapat menjadi sumber belajar matematika, namun sampai saat ini belum dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis etnomatematika dengan konteks alat musik Jamjaneng pada materi geometri SMP yang layak digunakan dalam pembelajan karena memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket. Lembar validasi untuk validator digunakan untuk penilaian kevalidan e-modul interaktif dan angket siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan e-modul interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul interaktif berbasis etnomatematika dengan konteks alat musik Jamjaneng pada materi geometri siswa SMP dinayatakan valid berdasarkan dari hasil rerata skor penilaian ahli media sebesar 4,9 dan dari ahli materi sebesar 4,1. E Modul juga memenuhi kriteria praktis karena berdasarkan penilaian angket respon siswa dari uji coba lapangan kecil memperoleh sebesar 3,37 atau 84% dengan kriteria positif dan uji coba lapangan besar memperoleh rerata sebesar 3,01 atau 75% dengan kriteria positif. Sehingga e-modul berbasis etnomatematika pada alat musik Jamjaneng layak digunakan untuk siswa SMP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, E. P. & Purwoko, R. Y. (2017). “Integrating Ethnomathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools”. ICRIEMS Proceedings, ISBN 978-602-74529-2-3.
Daryanto dan Raharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
EP Astuti, RY Purwoko, MW Sintiya. (2019). Bentuk etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam pembelajaran pola bilangan. Journal of Mathematics Science and Education. 1 (2), 1-16.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 3. No. 1.
Fatkhurrohman A., dan Suharto, S. (2017). Bentuk Musik dan Fungsi Kesenian Jamjameng Grup “Sekar Arum” di Desa Panjer Kabupaten Kebumen. Jurnal Seni Musik. Vol. 2. No. 2.
Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 1, No. 1.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Khabibah, Siti. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
RY Purwoko, EP Astuti, MS Arti, Y Widiyono. (2019). Batik Nusantara Pattern In Design Of Mathematical Learning Model For Elementary School. Journal of Physics: Conference Series. 1254 (1).
Purwoko, Riawan Yudi. (2018). Urgensi Pedagogicalcontent Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). Vol. 3, No 2. 42-55
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 4, No. 1.
Suarsana, I. M., dan Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan e-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2.
Ulya H. dan Rahayu, R. (2017). Pembbelajaran Etnomatematika untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatik: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Vol. 3. No. 1.
Widiastuti, S. (2012). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7638
Refbacks
- There are currently no refbacks.