Author Guidelines
Author Guidelines JPSE
Kerangka Artikel terdiri dari :
Judul,
Abstrak,
1. Pendahuluan,
2. Metode Penelitian,
4. Hasil Penelitian dan Pembahasan,
5. Kesimpulan,
6. Saran
7. Ucapan Terima Kasih
8. Daftar Pustaka
Judul Penelitian
Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya paling banyak 14 kata.
Abstract
Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia menggunakan huruf Calibri ukuran 11, spasi 1 dan dengan panjang teks maksimal 250 kata. Abstrak versi Bahasa Indonesia ditulis menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan ejaan yang disempurnakan. Penulisan singkatan dan rumus matematika di dalam abstrak perlu dihindari. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Penulisan kalimat lengkap minimal mengandung unsur subyek dan predikat. Dalam penulisan kalimat pasif, unsur subyek dan predikat harus jelas, tidak rancu dengan unsur keterangan (obyek).
Kata kunci: terdiri dari 3-5 kata
Pendahuluan
Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul (sub-heading).
Metode Penelitian
Berisi bagaimana data dikumpulkan, sumber data dan cara analisis data, langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.
Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.
Kesimpulan
Kesimpulan harus mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet.
Ucapan Terima Kasih
Sekiranya diperlukan, dapat dituliskan ucapan terima kasih yang merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini.
Daftar Pustaka
Penulisan daftar pustaka terdiri-dari nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel, nama kota dan institusi penerbitan. Daftar pustaka diurutkan sesuai huruf pertama nama penulis (A-Z). Kata kedua dalam nama disepakati sebagai nama keluarga. Semua pustaka yang dirujuk dalam teks harus dituliskan dalam daftar pustaka. Daftar pustaka diutamakan merupakan artikel yang diambil dari jurnal / publikasi terbaru paling lama 5 tahun sebelum pengiriman artikel (paper submission).
Contoh
Ball, D. L., Phelps, G., & Thames, M. H. (2008). Content Knowledge for Teaching: What Makes it Special? Journal of Teacher Education, 59(5), 389- 407.
John K. Lannin. (2013). The development of beginning mathematics teacher
pedagogical content knowledge. J Math Teacher Educ. Springer.
Jorryt Van Bommel. (2012). Improving Teaching Improving Learning Improving as a Teacher. Mathematical Knowledge for Teaching as an Object of Learning. Dissertation. Karstland University Studies.
Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2012). Understanding and Developing Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge, 2nd Edition, Sense Publishers, Rotterdam /Boston/ Taipei.
Magnusson, S., et al. (1999). Nature, Sources, and Development of PCK for Science Teaching (pp. 95-120). In J. Gess-Newsome & N.G. Lederman (eds.) Examining PCK: The Construct and its Implications for Science Education. Boston: Kluwer Academic Press.
Purwoko, Yudi Riawan. (2017). Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). Volume 3, No. 1. Juni 2017. E-ISSN 2541-4070, P-ISSN 2477-829X.
OECD/Asian Development Bank. (2015). Review of National Policies for Education, Education in Indonesia Rising to the Challenge. OECD Publishing, Paris, diakses 2 Desember 2015 dari http://dx.doi.org.10.1787/9789264230750
Shandy Hauk et. Al. (2014). Developing a Model of Pedagogical Content Knowledge for Secondary and PostSecondary Mathematics Instruction. Dialogic Pedagogy: An International Online Journal. DOI: 10.5195/dpj.2014.40 | Vol. 2 (2014).
Shulman, L.S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15, 4-14.
Van Dijk, E.M. & Kattmann, U. (2007), A research model for the study of science teachers’ PCK and improving teacher education Teaching and Teacher Education, 23 (6) (2007), pp. 885–897
Verloop N., Van Driel J., Meijer P. (2001). Teacher knowledge and the knowledge base of Teaching, International Journal of Educational Research.35(5):441-461 · December 2001