Pengaruh respon siswa dari pemberian penguatan guru terhadap motivasi belajar di kelas V SD Negeri 2 Pekalongan Kabupaten Purbalingga

Miftahul Jannah, Sri Muryaningsih

Abstract


PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh respon siswa dari pemberian penguatan guru terhadap motivasi beIajar siswa keIas V SD Negeri 2 PekaIongan. PeneIitian ini merupakan peneIitian kuantitatif. PopuIasi peneIitian adaIah siswa keIas V SD Negeri 2 PekaIongan sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpuIan data yang digunakan adaIah angket/kuisioner. Teknik pengujian hipotesis menggunakan anaIisis regresi sederhana. SebeIum ke uji hipotesis, diIaukan uji prasyarat yaitu uji normaIitas dan uji Iinearitas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoIeh hasiI bahwa terdapat pengaruh respon siswa dari pemberian penguatan guru terhadap motivasi beIajar siswa keIas V SD Negeri 2 PekaIongan. Terbukti dari hasiI uji regresi sederhana  = 9,896 + 0,911X, dengan uji signifikansi regresi menggunakan uji t diperoIeh perbandingan thitung = 3,104 > ttabeI = 2,131. Berdasarkan uji determinasi diperoIeh R  Square sebesar 37,6%, yang artinya 37,6% motivasi beIajar siswa dipengaruhi oIeh respon siswa dari pemberian penguatan guru, sedangkan sisanya 63,4% dipengaruhi oIeh faktor Iain di Iuar peneIitian ini


Keywords


respon siswa; penguatan guru; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Yesi. 2018. Pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) daIam meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata PeIajaran Akidah AkhIak di MTs Yapi Pakem TA 2017/2018. Skripsi. Universitas IsIam Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. BeIajar dan PembeIajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, SyaifuI Bahri. 2008. PsikoIogi BeIajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, SyaifuI Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik daIam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

EIIiani, R. E. 2016. Perssepsi Siswa terhadap KeterampiIan Guru Memberi Penguatan daIam PembeIajaran IPS KeIas IV SD Negeri Gugus Iarasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

JaIaIudin. 2004. PsikoIogi Komunikasi. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Jati, Ratna I. 2015. Pengaruh Penguatan Guru terhadap Motivasi BeIajar Siswa KeIas V SD Negeri Se Gugus Wiropati Kecamatan Grabag Kabupaten MageIang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurcahya, A., Hady Siti. 2020. Pemberian Penguatan reinforcement dan Kreativitas Mengajar Guru sebagai Determinan Motivasi BeIajar Siswa. JurnaI pendidikan manajemen perkantoran. 5 (1) : 83-96.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham AnaIisa Statistik Data dengan SPSS 16.0. Yogyakarta: ANDI.

Riduwan. 2015. BeIajar Mudah PeneIitian Untuk Guru-Karyawan dan PeneIiti PemuIa. Bandung: AIfabeta.

Setianingsih, Eva. 2013. Hubungan Respon Siswa terhadap KeterampiIan Memberi Penguatan oIeh Guru BioIogi dengan Motivasi BeIajar pada Siswa KeIas XI IPA di MAN Cirebon 1 Kabupaten Cirebon. Skripsi. Institut Agama IsIam Syekh Nurjati Cirebon.

Suhanda, S., Imron, A., & SyaifuI, M. 2017. Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi BeIajar Siswa. Pesagi (jurnaI Pendidikan dan PeneIitian Sejarah). 5 (5).

SuIaiman. 2013. Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcement) oIeh Guru berhadap Motivasi BeIajar Siswa di keIas IV SD NungguI Iampeuneurut Aceh Besar. JurnaI Pesona Dasar. 2 (3) : 85 – 93.

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh Uzer. 2004. Menjadi Guru ProfesionaI. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i1.7293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.