Peningkatan kecerdasan kognitif anak usia dini melalui kegiatan meronce pada siswa kelompok bermain

Suyoto Suyoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan kognitif anak usia dini  melalui kegiatan meronce di kelompok bermain taman mulia. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek Peneliltian Tindakan Kelas di KB Taman Mulia adalah siswa kelompok usia 3-4 tahun dengan jumlah 12 anak. Variabel penelitan adalah kecerdasan kognitif anak usia dini  dan kegiatan meronce. Aspek motorik halus yang diteliti antara lain, keterampil dalam menggunkan jari-jemari tangan untuk melakukan aktivitas, terampil dalam menggerakkan jari-jemari tangan, terampil dalam mengerakan kedua tangan, pengendalian gerak, melakukan gerakan terkoordinasi terkontro, terampil dalam kecermatan dan ketepatan. Analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas pada anak kelompok usia 3-4 tahun di KB Taman Mulia dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya untuk meningkatkan kecerdasan kognitif yang difokuskan dalam pengenalan pola warna dan geometri dengan memanfaatkan kegiatan meronce dapat berhasil. Kegiatan perbaikan pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran dari sebelum siklus, masing-masing pelaksanaan RKH pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan.  Dari pembahasan kedua siklus yaitu siklus I dan siklus II dapat dibuktikan peningkatan kemampuan kecerdasan kognitif dalam pengenalan warna dan pola geometri melalui kegiatan meronce pada data terakhir hasil belajar anakHal ini terbukti dengan data yang diperoleh yaitu ada peningkatan kecerdasan kognitif dengan kenaikan 49,9% dari data kondisi awal 33,4% menjadi 83,3% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui meronce mampu meningkatkan kecerdasan kognitif anak.


Keywords


activities, kecerdasan kognitif, meronce

References


Badru Zaman, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Hildayani, dkk. 2009. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Sujiono, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Riawan Yudi Purwoko. 2017. Urgensi pedagogicalcontent knowledge dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. JPSE, 3(2), http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/4338

Tim Kemendikbud. 2012. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak

Winata Putra, dkk. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i1.6792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Penerbit: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: lppm@umpwr.ac.id , jpse.umpwr@gmail.com , Telepon: 0275-321494

Indeks Abstrak: