Peningkatan kecerdasan kognitif anak usia dini melalui kegiatan meronce pada siswa kelompok bermain

Suyoto Suyoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan kognitif anak usia dini  melalui kegiatan meronce di kelompok bermain taman mulia. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek Peneliltian Tindakan Kelas di KB Taman Mulia adalah siswa kelompok usia 3-4 tahun dengan jumlah 12 anak. Variabel penelitan adalah kecerdasan kognitif anak usia dini  dan kegiatan meronce. Aspek motorik halus yang diteliti antara lain, keterampil dalam menggunkan jari-jemari tangan untuk melakukan aktivitas, terampil dalam menggerakkan jari-jemari tangan, terampil dalam mengerakan kedua tangan, pengendalian gerak, melakukan gerakan terkoordinasi terkontro, terampil dalam kecermatan dan ketepatan. Analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas pada anak kelompok usia 3-4 tahun di KB Taman Mulia dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya untuk meningkatkan kecerdasan kognitif yang difokuskan dalam pengenalan pola warna dan geometri dengan memanfaatkan kegiatan meronce dapat berhasil. Kegiatan perbaikan pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran dari sebelum siklus, masing-masing pelaksanaan RKH pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan.  Dari pembahasan kedua siklus yaitu siklus I dan siklus II dapat dibuktikan peningkatan kemampuan kecerdasan kognitif dalam pengenalan warna dan pola geometri melalui kegiatan meronce pada data terakhir hasil belajar anakHal ini terbukti dengan data yang diperoleh yaitu ada peningkatan kecerdasan kognitif dengan kenaikan 49,9% dari data kondisi awal 33,4% menjadi 83,3% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui meronce mampu meningkatkan kecerdasan kognitif anak.


Keywords


activities, kecerdasan kognitif, meronce

Full Text:

PDF

References


Arifah, N. A. (2017). Penelitian Tindakkan Kelas & Karya Tulis Ilmiah Untuk

Guru. Yogyakarta: Araska.

Arikunto, S, dkk. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, S, dkk. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Awar. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Oriantentasi Baru Pendidikkan Anak Usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Awar. (2013). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta : PT Rineka Cipta

Fauziyah, Fitriani. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar

untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, 2016, tidak diterbitkan).

Khayyirah, Ghina Khansa. Et. al. 2018. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Manik-Manik Pada Kelompok B2 Di TK Al- Hamid Kecamatan Kawalu Kota. Agapedia jurnal. Tasikmalaya diakases dari https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/24541

Mirantiyo Yoki. 2012. Teknik Meronce Manik-manik. Tersedia pada http://yokimirantiyo.blogspot.co m/2012/09/teknik-meroncemanik-manik.html. (diakses

Tanggal 12 desember 2020)

Mumpuni, A. B (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Tanah Liat Pada Kelompok B TK Yayasan Masyithoh Beran Bugel Kulon Progo. Skripsi: Universitas Negri Yogyakarta.

Pamadhi, dan Sukandi Evan. (2015). Seni Keterampilan Anak. Bandung : Penerbit Universitas Terbuka.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Indonesia Tahun 2017.

Rahayu, T. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Bahan Alam Pada Anak Kelmpok B TK PKK Selodono Tahun Pelajaran 2015/2016. (Jurnal 2016 Universitas Nusantara PGRI Kediri)

Rezeki, Handayani Tri. 2016. Keterampilan Meronce Anak Kelompok B TK

Gugus 2 Kecamatan Kokap. Jurnal E Prints Lumbung Pustaka

Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/35684/.

Semiar, Tuti. 2012. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Sederhana Untuk Meningkatkan Kreativitas Menganyam Dan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B TK Widya Sesana Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. PTK (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit

Indonesia (IKAPI).

Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Indeks

Trianto. (2011). Panduan lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i1.6792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.