Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada Google Classroom di masa pandemi Covid-19

Arista Indah Anggraini, Suwarto Suwarto, Dudy Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis aktivitas pembelajaran biologi pada materi virus berbasis daring (melalui aplikasi Google Clasroom) di masa Pandemic Covid-19 pada siswa kelas X IPS 3 di SMA N 1 TAWANGSARI. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskripstif, karena penulis tidak membuktikan ataupun menolak hipotesis yang dibuat sebelum penulisan tetapi dalam mengolah data dan menganalisis suatu masalah secara non numerik, metode pengambilan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan dokumentasi dalam melihat aktivitas pembelajaran biologi selama masa Pandemic Covid-19. Hasil penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perencanaan aktivitas pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian aktivitas pembelajaran selama masa Pandemic Covid-19.


Keywords


pandemi Covid-19; pembelajaran daring; pelajaran biologi

Full Text:

PDF

References


Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64-70.

Baskara, B. (2020). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Kompas.Id, 1–1. https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/

Bujang, S. D. A., Selamat, A., Krejcar, O., Maresova, P., & Nguyen, N. T. (2020). Digital Learning Demand for Future Education 4.0—Case Studies at Malaysia Education Institutions. Informatics, 7(2), 13. https://doi.org/10.3390/informatics70 20013.

Fernando, A. (2020). Respon Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Biologi Melalui Google Classroom di Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati, 4(1), 10-18.

Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 14-20.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hidayat, M. L., & Nurcahyanto, G. (2018). Analisis Kesesuaian Google Classroom sebagai LMS pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Biologi di FKIP UMS. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 572-576).

Imaniar, N. T. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Dalam Penerapan Project Based Learning Berbantuan Google Classroom Bagi Siswa Kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Izenstark, Amanda, and Katie L. Leahy. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News 32 (9):1–3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.

Maris, S. (2020). Enam Kebijakan Kemendikbud dalam Masa Darurat Covid-19. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read /4227701/enam-kebijakan- kemendikbud-dalam-masa-darurat- covid-19.

Mesran, Sulaiman, O. K., Wijoyo, H., Putra, S. H., Watrianthos, R., Sinaga, R., Mardiana, R., Saragih, M. G., & Indarto, S. L. (2020). Merdeka Kreatif di Era Pandemi Covid-19: Suatu Pengantar. Green Press.

Mu'minah, I. H. (2020). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 5(2).

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020, November). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 800-816).

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1).

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran daring berbasis Google Classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Worldometers. (2020). COVID-19 Coronavirus Pandemic. Worldometers.Info2. https://www.worldometers.info/coro navirus/?utm_campaign=homeAdveg as1?.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.