Struktur Berpikir Kombinatorik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur berpikir kombinatorik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII SMA Negeri 5 Purworejo tahun ajaran 2019/2020 yang sudah menerima materi kaidah pencacahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik dalam pengambilan subjek menggunakan teknik purposive dengan subjek yang terpilih sebanyak dua siswa. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu berupa lembar soal yang terdiri dari satu soal yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, pedoman wawancara, dan alat bantu rekam. Diberikan satu permasalahan kombinatorik, yaitu masalah yang memuat kombinasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan think aloud. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut. Struktur berpikir kombinatorik dalam menyelesaikan masalah matematika yakni mendapatkan rumus dari suatu masalah formulas/ekspressions (ungkapan/rumus). Kemudian melakukan perhitungan dari rumus yang sudah didapatkan counting processes (proses perhitungan). Set of Outcomes (seperangkat hasil) digunakan untuk proses perhitungan yang digunakan. Set of Outcomes (seperangkat hasil) dapat dilakukan karena soal yang diberikan masih sederhana
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budayasa, I. K. 2008. Matematika Diskrit. Surabaya: Unesa University Pres.
Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Uripno, G. & Rosyidi, A. H. 2019. Students’ Combinatorial Thinking Processes in Solving Mathematics Problem. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 2, Hlm. 80-92.
Graumann, G. 2002. General aims of mathematics education explained with examples in geometry teaching. Palermo: The Mathematics Education into the 21st Century Project.
Lockwood, E. 2011. Student connections among counting problems: An exploration using actor-oriented transfer. Educational Studies in Mathematics, 78(3), 307-322.
Lockwood, E. 2013. A Model of Student’s Combinatorial Thinking. Journal of Mathematical Behavior 32 (2013) 251-265.
Melusova, J., & Vidermanova, K. 2015. Upper-secondary Students’ Strategies for Solving Combinatorial Problems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 1703-1709.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rezaie, M & Gooya, Z. 2011. What Do I Mean by Combinatorial Thinking?. Procedia Social and Behavioral Sciences 11 (2011) 122-126.
Syahputra, E. 2016. Combinatorial Thinking (Analysis of Student’s Difficultes and Alternative Solution). State University of Medan. The Third Annual International Seminar On Trends In Science and Science Education, hlm. 1-13.
Satori, D & Komariah, A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6496
Refbacks
- There are currently no refbacks.