PENERAPAN METODE INKUIRI BERMEDIA PENGGARIS TERMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR SUHU SKALA TERMOMETER DAN PENGUKURANNYA BAGI SISWA SMP

Budi Arwanto

Abstract


Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi  suhu skala termometer dan pengukurannya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan pembelajaran inkuiri bermedia penggaris termodifikasi bagi siswa kelas VII  SMP. Penelitian terdiri atas dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yang dimulai perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes, sealnjutnya di analisis dengan menggunakan teknik prersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode inkuiri bermedia penggaris termodifikasi dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar IPA siswa pada kompetensi dasar suhu skala termometer dan pengukurannya. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar (7,2 +12,4) = 19,6 (61,3%), dan meningkat menjadi (9 + 17)  = 26 (81,2%) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,63 dengan ketuntasan klasikal 40,6% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,75 dengan ketuntasan klasikal 87,5%


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i2.5442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.