PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS PROBLEM SOLVING

Arif Arvianta Achmad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksananaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbasis Problem Solving dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan medan magnet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta menggunakan gain ternormalisasi untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus satu ke siklus dua dengan faktor Hake (gain) sebesar 0,43. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat secara signifikan  (kategori kritis).  Hasil  ini  diperkuat  dengan  hasil  belajar  kognitif, afektif dan psikomotorik yang juga meningkat setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian  ini  maka  disimpulkan  bahwa  pembelajaran  tipe  Number  Heads Together berbasis  Problem  Solving dapat  meningkatkan  kemampuan  berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Numbered Heads Together, Problem Solving,  Kemampuan Berpikir Kritis


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i2.5345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.