PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS PROBLEM SOLVING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksananaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbasis Problem Solving dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan medan magnet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta menggunakan gain ternormalisasi untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus satu ke siklus dua dengan faktor Hake (gain) sebesar 0,43. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat secara signifikan (kategori kritis). Hasil ini diperkuat dengan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik yang juga meningkat setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa pembelajaran tipe Number Heads Together berbasis Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Numbered Heads Together, Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i2.5345
Refbacks
- There are currently no refbacks.