PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN METODE THINK PAIR SHARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan klas dengan metode pembelajaran think pair share (TPS) dalam pembelajaran keselamatan dan keselamatan kerja (K3), 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran TPS terhadap motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester 3 Program pendidikan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 19 mahasiswa laki-laki dan 3 mahasiswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan motivasi belajar dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran think pair share. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar meningkat pada setiap siklusnya. 1) Peningkatan skor rata-rata motivasi mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 58,71% berkategori kurang, naik menjadi 62,06% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 75,12%, 2) Peningkatan Hasil belajar setelah menerapkan pembelajaran think pair share adalah persentase mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 81% pada siklus II.
Kata kunci: metode pembelajaraan think pair share, motivasi belajar, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i2.5342
Refbacks
- There are currently no refbacks.