PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA SMP

Dwijo Susanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran model two stay two stray pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model two stay two stray pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018 dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model two stay two stray pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan melibatkan subjek penelitian siswa kelas VII-A SMP Negeri 40 Purworejo berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pemilihan kelas ini dilakukan karena keterlibatan siswa dalam proses rendah disbanding kelas yang lain.Berdasarkan analisis data disimpulkan pembelajaran menggunakan model two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-A semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci : keaktifan siswa, model pembelajaran TSTS, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.4893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.