PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDIO PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Suyitno Suyitno, Syakirun Syakirun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) perosedur pengembangan media pembelajaran audio video motor bakar 4 langkah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017/2018, 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video motor bakar 4 langkah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017/2018 dan 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran audio video motor bakar 4 langkah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.  Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran motor bakar 4 langkah meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, pengujian produk, revisi produk dan pemakaian produk. 2) media pembelajaran motor bakar 4 langkah yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X TKR, di SMK Puspajati. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 80% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 80% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 10.631 dan p = 0,000) pada siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2018. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 80% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 81.70% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media motor bensin 4 langkah dan yang menggunakan media motor bensin 4 langkah. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0,241 dengan p = 0.840, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 10.631 > 1.708. Dengan demikian media pembelajaran motor bensin 4 langkah telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motor Bakar 4 Langkah, Hasil Belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.4889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.