HUBUNGAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MICROSOFT MOUSE MISCHIEF

Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimanakah proses pembelajaran Learning Cycle 7e berbantuan Microsoft Mouse Mischief dalam mata kuliah Statistika Matematika, 2) adakah hubungan antara kemampuan metakognitif dan kemampuan kognitif mahasiswa pada pembelajaran learning cycle 7e berbantuan Microsoft mouse mischief. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.Pengambilan sampel dilakukan secara acak.Sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 26 mahasiswa yaitu mahasiswa IVC program studi pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.Untuk pengambilan data metakognitif menggunakan angket/kuesioner, sedang data kognitif menggunakan tes kognitif pada materi satatistika matematika.Datakemampuan metakognitif dan kemampuan kognitif dianalisis menggunakan uji regresi sederhana menggunakan SPSS untuk mengetahui hubungan antara keduanya. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan kognitif mahasiswa  melalui pembelajaran learning cycle 7e berbantuan Microsoft mouse mischief.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v3i2.4339