LEARNING TRAJECTROY DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI BERFIKIR MATEMATIKA

Wahid Ibnu Zaman, Abdul Aziz Hunaifi

Abstract


Salah satu tujuan pembelajaran adalah mengembangkan kompetensi peserta didik. Dalam matematika, kompetensi mengandung dua aspek: aspek material dan aspek formal. Aspek material menggambarkan penguasaan konsep dan ketrampilan menghitung, sedangkan aspek formal menggambarkan pengembangan nalar peserta didik. Learning trajectory memberikan sebuah fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi berfikir matematika, karena merupakan lintasan yang berjenjang dan harus dilalui agar dapat menguasai atau melangkah pada jenjang berikutnya. Learning trajectory memberikan suatu rencana atau pola yang akan digunakan sebagai acuan untuk membuat rancangan pembelajaran pada setiap proses pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan menggunakan learning trajectory diharapkan kompetensi berfikir matematika bagi peserta didik berkembang dan tidak terjadi kesalahan pemahaman konsep. pembelajaran bilangan bulat di sekolah pada umumnya lebih mengedepankan hapalan dan penerapan rumus dan cara berhitung. Peserta didik jarang diajak kegiatan untuk memahami makna bilangan. Akibatnya banyak peserta didik yang hanya mengingat aturan dan rumus tanpa mengetahui alasannya. learning trajectory memberikan solusi untuk dapat meningkatkan kompetensi berfikir peserta didik pada materi bilanga bulat.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v3i2.4337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.