PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Yuli Widiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran wayang dan mengetahui efektivitas media pembelajaran wayang di Sekolah Menengah Atas.

Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (four  D model). Pengembangan media tersebut menggunakan empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Pengujian media dilakukan di SMAN 5 Kabupaten Purworejo. Pengujian efektivitas media pembelajaran wayang dengan metode pre-test dan post-test. Metode yang digunakan dalam analisis data menggunakan uji-t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran wayang yang dikembangkan yaitu dengan mengacu pada tahap pendefisian meliputi analisis awal dan akhir, analisi kebutuhan siswa, analisis konsep, analisis tugas, perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan meliputi tahap desain awal media pembelajaran wayang, tokoh wayang, video, kuis, dan pustaka. Tahap pengembangan meliputi penilaian validator, pengujian terbatas, pengujian secara luas. dan tahap penyebaran media pembelajaran. kelompok kontrol jumlah siswa 32  memiliki rata-rata nilai 6,00. Kelompok ekperimen dengan jumlah siswa 30 memiliki rata-rata 7,49. Nilai standar deviasi kelompok yang melakukan pembelajaran  tanpa menggunakan multimedia wayang sebesar 0,779. Nilai standar deviasi kelompok yang melakukan pembelajaran  menggunakan multimedia wayang sebesar 0,731.  standard error of mean untuk kelompok yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan multimedia wayang dan kelompok yang melakukan pembelajaran  menggunakan multimedia adalah 0,137 dan 0,133. Dari hasil tersebut diketahui bahwa media pembelajaran wayang memberikan kontribusi yang efektif dan efisien untuk peningkatan pembelajaran tentang wayang.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v2i1.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.