BIMBINGAN SOSIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan bimbingan sosial dalam meningkatkan kemampuan berinterkasi dengan teman sebaya. Jenis penelitian ini adalah one group pretest post test design. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil populasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Alternatif Kota Magelang. Skala yang digunakan adalah skala kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu siswa kelas VII SMP dan memiliki kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya yang rendah. Siswa yang mempunyai kemampuan interaksi dengan teman sebaya rendah sebanyak 22 siswa oleh peneliti diberikan bimbingan sosial. Hasil analisis dengan t-test menunjukkan bahwa nilai minimum pre test adalah 112 dan nilai maksimum 128 dengan mean 122,68 sedangkan nilai minimum post test adalah 109 dan nilai maksimum sebesar 141 dengan mean 123,41, nilai probabilitias yang kurang dari 0,075. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan sosial dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v1i1.2862
Refbacks
- There are currently no refbacks.