THE EFFECTIVENESS OF GRPQ TO TEACH WRITING VIEWED FROM STUDENTS’ INTEREST
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris efektifitas GRPQ untuk mengajar menulis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial. Populasi penelitian mencakup semua mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo. Peneliti melibatkan dua kelas, IVA sebagai kelas eksperimental menggunakan GRPQ dan IVB sebagai kelas kontrol menggunakan Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengungkap tingkat minat mahasiswa dan tes menulis untuk mengukur kemampuan menulis mahasiswa. Setelah menguji data menggunakan analisis multifaktor ANOVA 2 x 2, peneliti memperoleh beberapa temuan: (1) GRPQ lebih efektif daripada Direct Instruction untuk mengajar menulis; (2) Mahasiswa dengan minat tinggi memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada mahasiswa dengan minat rendah; (3) Tidak ada efek interaksi antara metode mengajar dan minat mahasiswa terhadap kemampuan menulis mahasiswa.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v1i1.2861
Refbacks
- There are currently no refbacks.