UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI KELOMPOK BERMAIN TANJUNG RIA NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelompok Bermain (KB) Tanjung Ria Desa Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah anak KB Tanjung Ria yang berjumlah 10 anak. Data pelaksanaan perbaikan pembelajaran dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan, selanjutnya data pemahaman anak diperoleh melalui tabulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori. Hal ini diketahui dari hasil setiap siklus, yaitu siklus I rata-rata pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan dengan metode multisensori 64,375 % , siklus II meningkat menjadi 77,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman anak dalam mengenal konsep bilangan matematika melalui pendekatan multisensori di Kelompok Bermain Tanjung Ria Tahun Ajaran 2013/2014.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v1i1.2859
Refbacks
- There are currently no refbacks.