PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XII TKR A SMK YPT PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Purningsih Purningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XII TKR A SMK YPT Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Model Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah team quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIITKR A yang berjumlah 38 siswa. Faktor yang diteliti berupa peningkatan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada 2 yaitu metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi dan tes evaluasi belajar matematika siswa pada setiap siklus. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa dan persentase minat belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat dari 79,99% pada siklus I menjadi 85,93% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 75,37 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 71,05%, menjadi 84,61 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 100%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran team quiz efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XII TKR A SMK YPT Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v1i1.2858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.