Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model CLS dengan Teknik Berkirim Salam dan Soal SMP Negeri 3 Gombong.

Wiji Nurokhman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa model pembelajaran CLS dengan teknik berkirim salam dan soal akan lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional.Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes.Metode dokumentasi diperoleh dari nilai ujian akhir semester II kelas VII.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat tobs sebesar 6,84 dan ttabel sebesar 1,645 dengan taraf signifikansi 0,05. tobs> ttabel,  dengan DK =  maka tobs DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 ditolak. Rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen sebesar 71,875 dan kelas kontrol sebesar 50,73.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaranCLSdengan teknik berkirim salam dan soal lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 3 Gombong tahun pelajaran 2013/ 2014.

 

Kata kunci: cooperative learning struktures, konvensional, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v10i1.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.