EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GI DAN TGT PADA BANGUN DATAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran tipe GI atau TGT pada materi bangun datar kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus HM. Sarbini dan sampelnya adalah siswa kelas V dari SDN Buluspesantren dan SDN 1 Sangubanyu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Uji prasyarat analisis variansi meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian, didapat thitung = -0,147 artinya prestasi belajar dengan model pembelajaran GI tidak lebih baik dibandingkan prestasi belajar dengan model pembelajaran TGT. Dilihat dari rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen I mencapai 75,44, sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 76,62. Dari hasil perhitungan statistik uji hipotesis dengan α = 0.05 dan dk = 42 didapat ttabel = 1,960.
Kata kunci: GI, TGT, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.