PENINGKATAN MINAT BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE (TPS) MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMP NEGERI 16 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 dengan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) pada materi segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing-masing tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP NEGERI 16 Purworejo. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, angket, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar siswa sebelum penelitian 61,31. Pada siklus I rerata hasil belajar siswa sebesar 61,53 meningkat menjadi 79,84 pada siklus II. Hasil analisis lembar observasi minat belajar siswa pada siklus I 64,99% menjadi 83,33% pada siklus II. Berdasarkan dari analisis angket minat belajar siswa siklus I sebesar 65,41% menjadi 74,42% pada siklus II.
Kata kunci: Model Pembelajaran TPS, Hasil Belajar, Minat Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.