UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERAGA BLOK PECAHAN LINGKARAN

Catur Hikmahsari, Supriyono, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan minat belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya peraga blok pecahan lingkaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa dapat  meningkat dengan diterapkannya peraga blok pecahan lingkaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat pada pra siklus dalam kriteria rendah dan pada siklus I dalam kriteria sedang. Sedangkan prestasi belajar matematika pada ora siklus diperoleh rata-rata 61,25 dengan persentase ketuntasan belajar 43,75% dan pada siklus I diperoleh rata-rata 74,37 dengan persentase ketuntasan belajar 75%. Dalam hal ini minat belajar maupun prestasi  belajar matematika siswa belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II minat belajar siswa dalam kriteria tinggi. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan peraga blok pecahan lingkaran dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika dikelas IV SD Negeri 1 Kalijirek Kebumen tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: minat, prestasi belajar, peraga blok pecahan lingkaran

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.