Pengembangan e-modul berbasis flipbook pada materi unggah-ungguh bahasa Jawa di SMP
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 mengalami berbagai tantangan, salah satunya yaitu terbatasnya siswa dalam mengakses materi pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi menjadi alternatif solusi terhadap permasalahan pembelajaran termasuk bahasa Jawa. Pengembangan modul eletronik berbasis flipbook perlu dilakukan untuk mendukung kualitas pembelajaran, salah satunya pada materi ungguh-ungguh bahasa Jawa. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kevalidan dan keterbacaan produk e-modul berbasis flipbook pada materi unggah-ungguh bahasa Jawa di SMP Kabupaten Purworejo. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah pengembangan 4-D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis flipbook pada materi unggah-ungguh siswa SMP, dianalisis dari validasi teori serta validasi empiris e-modul berbasis flipbook termasuk kategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, Douglas H. (2004). Language assessment principles and classroom Practices. New York: Pearson Eduation Inc.
Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Haryana & Supriya (2001). Kamus unggah-ungguh basa Jawa. Yogyakarta: Kanisius
Heinich, Molenda M, Russel, J.D. & Smaldino. (1996). Instructional Media And Technologies for Learning. New Jersey: Printice-Hall, Inc. A Simon & Schuster Company.
Istikomah, Purwoko R. Y. (2020). Sigil: Pengembangan e-modul berbasis realistik pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika). Vol. 6, No. 2, 91-98.
Majid, Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Rachmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (4),326-332.
Purwoko, R. Y. (2019). Urgensi Pedagogicalcontent Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). Vol. 3, No. 2, 42-55
Sa’diyah, Kalimatus. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 4.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sasangka, Sri S.W.C. (2009). Unggah-ungguh basa Jawa. Jakarta: Yayasan Paralingua.
Smeets, D. J. H. & Bus, A.G. (2014). The Interactive animated e-book as a word learning device for kindergartners. Applied Pscycholinguistic, Vol. 1, No. 1, 1-22.
Sudaryanto. (1991). Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press
Suharti. (2001). Pembiasaan berbahasa Jawa krama dalam keluarga sebagai Sarana pendidikan sopan santun. Makalah Konggres.Yogyakarta: Konggres Bahasa Jawa III.
Suyitno Suyitno, Riawan Yudi Purwoko, Yuli Widiyono, Dwi Jatmoko, M Nurtanto, Zainudin Hassa. (2020). Development of Learning Media for Automotive Charging System Based on Macromedia Flash Vocational School. Universal Journal of Educational Research. Vol. 8, No. 11C, 64-71
Thiagarajan (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Broomington: Indiana University.
Vaughan, Tay. (2008). Multimedia: Making It Work. New York: Mc Graw Hill.
Widiana, F.H. dan Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 6.
Winatha, K.R., Suharsono, N., & Agsustin. K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 15 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7641
Refbacks
- There are currently no refbacks.