Analisis Gradeless terhadap kompetensi abad 21
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gradeless terhadap kompetensi abad 21 peserta didik kelas VIII SMP N 1 Talang Tahun Ajaran 2019/2020. Kompetensi abad 21 yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berpikir kritis dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 peserta didik dengan kriteria bermasalah yang direkomendasikan oleh guru matematika berkoordinasi dengan guru BK. Teknik Pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Miles dan Huberman yaitu (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data dan (4) verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian umpan balik membuat subjek penelitian memeriksa kembali pekerjaan yang sudah dibuatnya yang ditunjukkan dengan pemberian respon umpan balik oleh subjek penelitian. Pada saat diskusi peserrta didik dengan aktif menyimak, maupun mengemukakan pendapatnya. Dari ketiga subjek penelitian 2 diantaranya telah memenuhi hampir seluruh indikator kompetensi berpikir kritis dan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa secara umum gradeless memberikan pengaruh yang baik. Pemberian umpan balik terbukti membuat peserta didik mempelajari kembali materi yang sedang dipelajarinya. Diskusi yang dilakukan membantu peserta didik dalam belajar dan membuat peserta didik lebih leluasa dalam mengkomunikasikan pemahamannya. Dapat disimpulkan gradeless berpengaruh baik terhadap kompetensi abad 21 pada subjek penelitian. Hal ini memberikan peluang yang besar bahwa gradeless secara umum akan memberikan pengaruh baik kepada semua jenis peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, Fikri. (2020). “Evaluasi Implementasi Kurikulum Berorientasi KKNI untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Pembelajaran Abad ke 21”. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia.
Burnett, Andrew. (2018). Creating a Gradeless Class in A School That Requires Grades. https://www.teachersgoinggradeless.com/blog/2018/08/18/burnett-how. (16 Januari 2020)
Chiaravelli, Arthur. (2017). The 5 Best Reasons for Going Gradeless. https://link.medium.com/8jGbpsZ1v4. (17 Januari 2020)
Chiaravelli, Arthur. (2017). Why Teachers Are Going Gradeless? http://observer.com/2017/04/teachers-going-gradeless-education-reform-grades/. (16 Januari 2020)
Chris McMorran, Kiruthika Ragupathi & Simei Luo (2017) Assessment and learning without grades? Motivations and concerns with implementing gradeless learning in higher education, Assessment & Evaluation in Higher Education, 42:3, 361-377, DOI: 10.1080/02602938.2015.1114584
Chris McMorran & Kiruthika Ragupathi (2020) The promise and pitfalls of gradeless learning: responses to an alternative approach to grading, Journal of Further and Higher Education, 44:7, 925-938, DOI: 10.1080/0309877X.2019.1619073
Demirel, M. (2009). Lifelong learning and schools in the twenty-first century. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1709-1716.
Farida, Nurul. (2015). “Analisis Kesalahan Peserta didik SMP Kelas VIII dlm Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika”. Aksioma. 42-52.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11-20.
Fullan. (2013). 21st Century Competencies: Foundaion Document for Discussion. Ontario: Ontario.
Gosper, Maree dan Dirk Ifenthaler (ed). (2014). Curriculum Models for the 21st Century: Using Learning Technologies in Higher Education. New York: Springer.
Kohn, A. (2011). The Case Against Grades. Educational Leadership, 69(3), 28-33.
McMorran, C., Ragupathi, K., & Luo, S. (2017). Assessment and learning without grades? Motivations and concerns with implementing gradeless learning in higher education. Assessment & Evaluation in Higher Education, 42(3), 361-377.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Musfiqi, Shin’an. (2014). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skilss (HOTS)”. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 45-59.
Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi gaya dan penerapannya. Pada Prosiding Semnas IPA Pascasarjana UM, 1112-1119.
Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta didik Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal on Education, 1(2), 344-352.
Richard Matthews & Andrew Noyes (2016) To grade or not to grade: balancing formative and summative assessment in post-16 teacher trainee observations, Journal of Further and Higher Education, 40:2, 247-261, DOI: 10.1080/0309877X.2014.953456
Sackstein, Starr. (2015). Hacking Assessment: 10 Ways to Go Gradeless in Traditional Grades School. Cleveland: Times 10.
Schermele, Zach. (2020). Why are Grades Important? Some Teachers Say They Do More Harm than Good. https://www.teenvogue.com/story/why-teachers-getting-ridgrades/amp?fbclid=IwAR0VNeZ5plZDLanhNYR49WY4lXSuM2gCJE8oEYMUh4ouII-_VLEFfwLzafA&__twitter_impression=true. (16 Januari 2020)
Solarz, Paul. (2019). Empowering Learners. https://www.teachersgoinggradeless.com/blog/empowering-learners. (14 Juli 2020)
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitiatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling: Pendekatan Praktis untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Peserta didik Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Zerwin, Sarah M. (2014). The Gradeless Experiment: Succees. http://thepapergraders.org/?p=1085 (14 Juli 2020)
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7640
Refbacks
- There are currently no refbacks.