Eksistensi pelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada siswa Sekolah Dasar dimasa pademi

Noviea Varahdilah Sandi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Sekolah Dasar Bumiayu, fokus penelitian hanya pada pembelajaran  jarak jauh yang berfokus pula pada pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana anak memperoleh materi SBdP selama pademi covid 19 dan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan anak memahami pelajaran SBdP selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa sekolah dasar dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Metode yang digunakan yaitu metode deskritif. Dalam hal ini akan dikaji serta mendeskripsikan hasil observasi di lapangan terhadap siswa sekolah dasar kelas 3 dan 4 di wilayah Bumiayu Kabupaten Brebes pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya saat pembelajaran jarak jauh. Teknik pengumpulan data dan instrumen melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan dalam penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu pra-lapangan, pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil capaian dalam penelitian ini adalah pada saat pembelajaran jarak jauh pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di lingkungan sekolah dasar Bumiayu sangatlah menurun, disebabkan guru tidak memberikan materi atau tugas yang mendalam terkait pelajaran SBdP, sehingga banyak anak Sekolah Dasar mengalami kesulitan dalam memahami  pelajaran seni budaya dan prakarya.


Keywords


Pelajaran SBdP; Pembelajaran jarak jauh; Pademi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Bala, Robert. (2021). Cara Mengajar Kreatif Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: Grasindo.

Haryanto Djehaut, Safrianus. (2011). Pengantar Seni Drama di SD. Yogyakarta: Absolute Media.

I.S., Wekke., dan Astuti, R. W. (2017). Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah : Implementasi di Wilayah Minoritas Muslim”. Tadris: Jurnal Kejuruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol 1 No 1.

Mansurdin. (2020). Pembudayaan Literasi Seni di SD. Yogyakarta: Defpublis.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI.

Panjaitan, Regina Lichteria. (2014). Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pengantar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Pekerti, Widia dan Kawan-kawan. (2018). Metode Pengembangan Seni. Tangerang: Universitas Terbuka.

Purwatiningsih. (2017). Mata Pelajaran /Paket Keahlian (Seni Budaya) BAB 1 Konsep dan pola pikir keilmuan dalam pembelajaran Seni budaya. Kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarinah. (2019). Ilmu Sosial Budaya Dasar (di Perguruan Tinggi). Yogyakarta: Deepublish.

Sidiq, Umar., dan Moh. Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Syafril., Zelhendri Zen. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tubagus, Munir. (2021). Model Permbelajaran Terbuka Jarak Jauh. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Yunisrul. (2020). Pembelajaran Seni Rupa di SD. Sleman: Defpublish.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.