Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah berguna untuk melatih peserta didik menghadapi berbagai permasalahan yang semakin kompleks. Bahan ajar yang belum mengintegrasikan kemampuan tersebut perlu digunakan. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah pda materi determinan dan invers matriks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis problem based learning efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal ini dikarenakan LKPD berbasis problem based learning membimbing peserta didik agar mahir dalam memecahkan masalah, memiliki strategi memecahkan masalah sendiri, menjadikan masalah sebagai starting point yang dapat merangsang kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan LKPD memuat stimulasi kemampuan partisipasi peserta didik dalam tim. Hal tersebut didukung dengan hasil analisis data dimana berdasarkan uji one sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi (2-tailed) kurang dari signifikansi (0,000 < 0,05), yang berarti penggunaan LKPD berbasis problem based learnig lebih efektif daripada kelas dengan penggunaan LKPD sekolah. Selain itu, berdasarkan uji perbedaan rata-rata juga menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata untuk kelas eksperimen lebih besar daripada peningkatan rata-rata kelas kontrol (42,05>22,50). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis problem based learnining efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2), 1-10.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Edukasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Hidayati, B., & Suparman, S. (2018). Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Matematika Berbasis Pada Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Lee, C.I. (2015). An Appropiate Prompts System Based on the Polya Method for Mathematical Problem-Solving. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technoogy Education, 13(3), 893-910.
Jonassen, D. (2011). Supporting Problem-solving in PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 5(2), 95-119.
Kurniati, I., Dewi, I., & Hasratuddin. (2018). The Development of Student Worksheet Based on PISA to Improve Problem Solving Ability. American Journal of Educational Research, 6(11), 1581-1585.
Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Bahan Ajar Matematika Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (1), 45-59.
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.
Noviani, Y., Rajab, R.M., & Hashifah, A.N. (2017). Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pendidikan Kontemporer di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 159-168.
Pardimin, & Widodo, S.A. (2017). Development Comic Based Problem-solving in Geometry. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 233-241.
Permatasari, N.T., & Margana, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger (Studi Penelitian Eksperimen di SMP Al-Hikmah Tarogong Kaler Garut). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 31-42.
Rofii, A., Sunardi, & Irvan, M. (2018). Characteristics of Students’ Metacognition Process at Informal Deducation Thinking Level in Geometry Problems. International Journal of Emerging Education, 2(1), 89-104.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA (edisi revisi). Bandung: Tarsito.
Siagian, M.V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331-340.
Siagian, M.D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.
Sholihah, D.A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 178-185.
Sya’ban, A. (2005). Teknik Analisis Data Penelitian Aplikasi Program SPSS dan Teknik Menghitungnya. Disampaikan Pada Pelatihan Metode Penelitian Hari Selasa, 13 Desember 2005, dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Pasar Rebo, Jakarta Timur.
Ulvah, S., & Afriansyah, E.A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142-153.
Wardani, S,D. (2015). Penerapan Bahan Ajar Berbasis PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang.
Zabit, M.N.M. (2010). Problem-Based Learning on Students’ Critical Thinking Skills In Teaching Business Education In Malaysia; A Literature Review. American Journal of Business Education, 3(6), 19-32.
Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Matematika Kelas VIII. Journal Pendidikan Matematika, 12(2), 33-46.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7607
Refbacks
- There are currently no refbacks.