Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa dimasa pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tegal dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tahap analisis data dengan menggunakan model miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMP N 10 Tegal. Adapun instrumen pendukung untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket motivasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Cara-cara yang digunakan siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. 2) Cara-cara yang digunakan siswa dengan kategori motivasi belajar sedang dapat memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. 3) Cara-cara yang digunakan siswa dengan kategori motivasi belajar sedang dapat memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agsya, F.M., Maimunah dan Yenita R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa MTs.Symmetry, Vol 4(02): 31-44
Ararini, d. f. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor ditinjau. Jurnal Matematika dan Pembelajaran , 91-99.
Elga Azmala Putri, Y. M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Tadris Matematika 1 , 167-174.
Khudsiah, S.M., Novarina, E., dan Lukman,H.S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X Di SMA N 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan 2017,110-117
Elga Azmala Putri1, Y. M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Tadris Matematika 1 , 167-174.
Jayaindra. (2019). Penerapan Statistika untuk penelitian pendidikan. Jakarta: Prenadamedia grup.
Lestari, Karunia E: M. Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong. L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakaya
Purnama, A.C.D.P.,Z., dan Hasanah, S.N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Jabung Tahun 2020. Jurnal Penelitian,Pendidikan dan Pembelajaran, 16 (9)
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta
Syaharuddin. (2011). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar siswa kelas viii smpn 4 binamu. 46-67.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv
Ulya, H. (2016) Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving, Jurnal konseling Gusjigang, 2(1) 90-96,doi: Https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Uno,Hamzah B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wangsit Rigusti., dan Heni Pujiastuti (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4 (1) 1-10
Yarmayani, A. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal ilmiah dikdaya, 3-5.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7410
Refbacks
- There are currently no refbacks.