Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring berbantuan Whatsapp

Rudi Muzaki, Ponoharjo Ponoharjo, Dian Nataria Oktaviani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran daring yang berbantuan Whatsapp pada materi Pokok Bangun Segiempat Dan Segitiga kelas VII I SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa : Kemampuan komunikasi matematis untuk subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis , subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis  dan subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis.Adapun saran Bagi siswa sebaiknya lebih banyak membaca, memahami penulisan simbol dan makna dalam matematika, serta memahami rumus sebuah konsep matematika. siswa harus lebih teliti dalam melakukan proses penyelesaian soal. Selain itu juga, siswa dapat membiasakan diri berlatih mengerjakan latihan soal adar dapat menyusun  jawaban untuk  menyelesaikan soal, menjawab soal yang telah diberikan sehingga siswa dapat menyelesaikan dan menyimpulkan dari pertanyaan yang diberikan.

 


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis; Pembelajaran daring; Whatsapp

Full Text:

PDF

References


Khadijah, I. N., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095-1104.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Pustikayasa, I Made. (2019). “Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran”. Widya Genitri (Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Hindu). 2(10), 53-62.

Ritonga, S. N. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika Mts Hifzil Qur’an Medan tahun ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sepdiana, A. N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Dengan Pendekatan Problem Based Learning. Skripsi Universitas Sultan Agung Tirtayasa Serang.

Syarif Hidayat, SP., P & Wicaksono, H. (2017). “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (WA) di Kalangan Pelajar (Kasus di MTS Muddatsiriyah dan MTS Jakarta Pusat)”. Prosding SnaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora. 7(1), 98-109

Utomo, S., & Ubaidillah, M. (2018). “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 02(06), 199-211.

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97- 104.

Yensy, N., A. (2020). “Efektifitas Statistik Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa (Pada Masa Pandemi Covid 19)”. Jurnal Pendidikan Matematika raflesia. 02(5), 65-74




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.