Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK

Wiji Mulyaningsih

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis lamaran pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan metode Kooperatif Jigsaw yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember 2019, bertempat di kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 3 semester gasal SMK Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII Otomaisasi dan Tata Kelola Perkantoran 3 semester gasal  SMK Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Hal itu dapat diketahui dari kondisi awal sampai dengan kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar rata-rata. Pada kondisi awal hanya menunjukkan hasil rata-rata 69,69. Pada siklus I naik menjadi 78,78, dan pada siklus II naik menjadi 85,69. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 9,09 poin, sedangkan dari kondisi awal ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 16 poin. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa dengan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga hasil belajar  meningkat yaitu dari hasil siklus I ke siklus II.  Pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas dalam pembelajaran hanya 11 siswa,  sedangkan  nilai tidak tuntas ada 21 siswa.  Pada siklus II terdapat peningkatan nilai yaitu menjadi 32 siswa  tuntas dalam pembelajaran. Disimpulkan bahwa metode Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan.


Keywords


hasil belajar; surat lamaran pekerjaan; metode Kooperatif tipe Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 1997. Learning to teach.Singapore: McGraw-Hill book Company.

Arifin, Syamsir. 1987. Pedoman Penulisan Surat Menyurat Indonesia. Padang: Angkasa Raya.

Bloom, B.S., 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goal. Handbook I : Cognitif Domain. New York : Longman.

Enre, Fachrudin Ambo. 1998. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta : Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York : Holt, Reinhart and Winston.

Gie, Soe Hok. 2002. Catatan Seorang Demostran. Jakarta : LP3ES.

Hakim, Muhammad Lutfi. 2018. Korespondensi. Surakarta : Mediatama.

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning: Mempraktikkan Coopeartif Learning di Ruang-ruangKelas, Jakarta: PT Grasindo.

Nurjamal dkk. 2011. Cara Mudah Menulis. Bandung : Alfabeta.

Nurudin. 2007. Jurus Jitu Menulis yang Baik dan Benar. Bogor : Ghalia Indonesia.

Riawan Yudi Purwoko. 2017. Urgensi pedagogicalcontent knowledge dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. JPSE, 3(2), http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/4338

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa.

Suprijono, Agus. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Soedjito dan Solchan TW. 1999. Surat-Menyurat Resmi dalam Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudarsa, dkk. 1992. Surat Menyurat dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumardjo, Jacob. 2001. Catatan Kecil tentang Menulis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i1.7329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Penerbit: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: lppm@umpwr.ac.id , jpse.umpwr@gmail.com , Telepon: 0275-321494

Indeks Abstrak: