Pemanfaatan Google Meet sebagai media pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Labor Pekanbaru era pandemi Covid-19

Nissa Hediyati, Ramlan Darmansyah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan,  pemanfaatan google meet sebagai media pembelajaran  di masa pandemi Covid-19. Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan permasalahan diberbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Sehingga dibutuhkan media sebagai alat mempermudah proses pembelajaran ditengah wabah Covid-19.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi google meet sebagai media pembelajaran bagi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Labor Kota Pekanbaru di era pandemi Covid-19. Metode dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dengan analisis dan disajikan dalam bentuk narasi atau kalimat. Selain itu pengumpulan data menggunakan google from sebagai media wawancara dengan sumber informan yaitu tenaga pendidik dan peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Labor Kota Pekanbaru. Adapun hasil dari kajian ini adalah salah satu media yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dianjurkan oleh Pemerintah adalah google meet.  Pemanfaatan google meet sebagai media pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran online di masa pandemi, selain itu juga mendukung visi misi sekolah yaitu pembelajaran berbasis tekhnologi. Selain itu google meet memiliki kekurangan pada penggunaannya yaitu permasalahan sistem koneksi jaringan.  Keunggulan aplikasi google meet yaitu mempermudah pembelajaran jarak jauh dan proses aplikasi yang mudah. Adapaun dukungan dalam pemanfaatan google meet adalah tingkat pengetahuan siswa dan siswi juga dalam pemanfaatan aplikasi google meet sebagai media pembelajaran. Selain pengetahuan murid, guru sebagai  fasilitator  memiliki peran dan fungsi dalam memanfaatkan aplikasi google meet kreatif dan inovatif bagi keberlangsungan pembelajaran jarak jauh.


Keywords


aplikasi Google Meet; media pembelajaran; pandemi Covid-19

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, 1(1), 65–70.

Handarini, O. I. S. S. W. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 Oktafia. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265–276.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Miftah, M. (2014). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA M. Jurnal KWANGSAN, 2(1), 1689–1699.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rosali, E. S., Pendidikan, J., & Universitas, G. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.

Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(2), 88–97.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Zainal, A. and. (2008). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Penerbit: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: lppm@umpwr.ac.id , jpse.umpwr@gmail.com , Telepon: 0275-321494

Indeks Abstrak: