Penerapan online Problem-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri
Abstract
Di era pandemi, guru SD mengalami kebingungan dalam mempraktikkan pembelajaran online. Hal ini menyebabkan siswa sulit mengembangkan keterampilan menulis dan tingkat kepercayaan dirinya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran online problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri siswa. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pageron, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak 25 siswa kelas V (lima) SD berpartisipasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Tes menulis, catatan lapangan, dan lembar observasi selama pembelajaran menulis secara online digunakan sebagai instrument penelitian. Data ditriangulasi dan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat yakni 63,11% di siklus I, 74,71% di siklus II, dan 86,62% di siklus III. kepercayaan diri siswa juga meningkat yakni 62,53% di siklus I, 71,86% di siklus II, and 83,66% di siklus III. Peneliti menyimpulkan bahwa online problem-based learning merupakan metode pengajaran yang efektif dalam pembelajaran menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, S., H., & Suparwoto (2018). Pengembangan media belajar mandiri berbasis aplikasi Whatsapp untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika kelas XI SMA N 1 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 29-37. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/article/view/10478
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Bulut, P. (2017). The effect of primary school students’ writing attitudes and writing self-efficacy beliefs on their summary writing achievement. International Electric Journal of Elementary Education, 10(2), 281-285. doi: 10.26822/iejee.2017236123
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89
Fitri, R., Bentri, A., Taufina, T., & Mayar, F. (2020). Hubungan antara konsep diri dan kecerdasan linguistik dengan kepercayaan diri siswa kelas v dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1). 67-74. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1934
Hmelo-Silver, C. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn. Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Kementrian Kesehatan (2020). Situasi terkini perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19). Diakses tanggal 13 Februari 2020. https://covid19.kemkes.go.id/
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Psikopedagogia, 5(1). 33-42. http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Kusrianto, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(3), 145-152. http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736
Lubis, D. F., Mashudi, M., & Khosmas, K. (2019). Efektivitas model PBL dalam meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar di SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa, 8(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36205
Maharani, A. A. P (2020). Penerapan problem-based learning dengan siklus lesson study untuk meningkatkan kemampuan menulis esai argumentatif. SPHOTA: Jurnal Linguistik dan Sastra, 11(1), 36-44. https://doi.org/10.36733/%sphota.v11i1.1151
Maulana, N. (2015). Penggunaan metode problem based learning untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi dan berpikir kritis siswa SMA. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 70-76. https://doi.org/10.30653/003.201511.14
Nurkidam, A. (2016). Hubungan antara gaya belajar dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar. Al-Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan, 14(1). 36-48. https://doi.org/10.35905/alishlah.v14i1.385
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital siswa. Jurnal Varidika: Kajian Penelitian Pendidikan, 31(1), 52-57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904
Salari, M., Roozbehi, A., Zarifi, A., & Tarmizi, R. A. (2018). Pure PBL, hybrid PBL and lecturing: which one is more effective in developing cognitive skills of undergraduate students in pediatric nursing course? BMC Medical Education, 18, 1-15. doi: 10.1186/s12909-018-1305-0
Sari, L. K., Siddik, M., & Mulawarman, W. G. (2019). Pengembangan pembelajaran menulis teks ceramah dengan model problem based learning dipadukan media gambar pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.18
Sari, R. P., Tusyantari , N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Savin-Baden, M. (2007). A practical guide to problem-based learning online. New York: Routledge.
Sears, S. J., & Hersh (200). Best practices in cotenxtual teaching and learning. Columbia, Ohio: Ohio State University.
Siregar, R. (2019). Upaya meningkatkan rasa percaya diri pada pembelajaran tematik Bahasa Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada tema indahnya kebersamaan kelas IV-A Semester Ganjil SD Negeri 157015 Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(1), http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.99-104
Suryani, C. H. (2018). Peningkatan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 253-269. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/14997
Susilo, S., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan model multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 24-31. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199
Tambunan, L., Rusdi, R. & Miarsyah, M. (2018). Efectiveness of problem based learning models by using e-learning and learning motivation toward students learning outcomes on subject circullation systems. Indonesian Journal of Science Education, 2(1). 96-104. http://dx.doi.org/10.31002/ijose.v2i1.598
Tusino, T., Faridi, A., Saleh, M., Fitriati, S. W. (2020). The effect of hybrid task-based language teaching and critical thinking on writing performance in Indonesia. The New Educational Review, 61(3), 109-118. doi: 10.15804/tner.2020.61.3.09
Windhiarty, W., Haruna, J., & Sulistyowati, E. D. (2017). Efektivitas pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media berbasis adobe flash siswa kelas XI SMA. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 367-375. http://dx.doi.org/10.30872/ilmubudaya.v1i4.768
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i1.6904
Refbacks
- There are currently no refbacks.