Efektivitas pembelajaran melalui Whatsapp grup terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

Siska Sagita Mustami, Paridjo Paridjo, Wikan Budi Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatApp grup dapat mencapai KKM 77.(2) Pembelajaran melalui WhatsApp Grup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi penelitian peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Ketanggungan kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik  analisis data menggunakan uji t satu sampel pihak kanan, uji Paired Sample T Test dan Uji N-Gain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi vektor dalam bentuk soal uraian berjumlah 6 item soal. Hasil penelitian : (1) Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakanpembelajaran melalui WhatsApp grup mencapai 77. (2) Pembelajaran melalui WhatsApp Grup tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pada nilai pembelajaran melalui WhatsApp grup (posttest) lebih kecil dari nilai pembelajaran luring (pretest) ini berarti peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatsApp grup (Posttest) tidak lebih baik dari pembelajaran luring (Pretest) dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, hal ini dikarenakan pada pembelajaran luring guru berinteraksi langsung dengan peserta didik sehingga terpantau seluruh kegiatan pembelajaran dibandingkan dengan WhatApp grup.


Keywords


efektivitas; kemampuan pemecahan masalah matematika; Whatsapp grup

Full Text:

PDF

References


Anjani, A., Ratnamulyani, I.A., & Kusumadinata,A A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikasitio, 4(1).

Bafadhal, O.M (2018). Komunikasi Ritual Penggunaan Aplikasi WhatsApp: Studi Konsumsi Berita Lewat Group WhatsApp. Jurnal Komunikasi Indonesia, 49-56.

Dewi, A. S., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(1).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif:Jurnal IlmuPendidikan,2(1), 55-61.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Iskandar, R. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp sebagai Media Pembelajaran terhadap Peserta Didik DTA At-Tawakal Kota Bandung. CommEdu (Community Education Journal), 3(2), 97-101.

Kuntarto,E (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi . Indonesian Language Education and Literature 3(1),99-100.

Lestari, Kurnia E dan Mokhammad Ridwan Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ma’mun,A. T. (2015). Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Sosial Whatsapp di Program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab).

Matondang, Z. (2009). Validitas dan realibilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.

Pendidikan, K., & Indonesia, K. R. (2016). KBBI daring. Diakses dari https://kbbi. kemdikbud. go. id/Cari/Index.(21 Juli 2020)

Pranajaya,P., & Wicaksono, H. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (WA) di Kalangan Pelajar : Studi Kasus di Mts Al Muddatsiriyah dan Mts Jakarta Pusat. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial,14(1).

Retnawati, H. (2015). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri :Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.

Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33-39.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik InformatikanUniversitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI,8(1), 81-86.

Utami, W. B., Sholikhah, Z., & Kartana, T. J. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(1), 35-46.

Utomo,S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun. Kwangsan, 6(2).

Widodo, S. A. (2015). Efektivitas pembelajaran team accelerated instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Kota Jogjakarta.AdMathEdu, 5(2), 57298.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.