Etnomatematika: Eksplorasi gamelan Jawa karawitan dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM)

Nuryadi Nuryadi, Isna Kholifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan diperolehnya deskripsi kajian matematika dalam gamelan jawa karawitan khususnya alat-alat musik dengan pendekatan STEM. Melalui pembelajaran berbasis STEM siswa dapat menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengidentifikasi pertanyaan dan masalah dalam kehidupan siswa, menjelaskan fenomena alam, merancang dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti tentang masalah yang terkait budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan alat musik gamelan sebagai media pembelajaran di Sekolah khususya Sekolah Menengah Kejuruan Kesenian.  Prosedur penelitian kualitatif model etnografi dimulai dengan menetapkan seorang guru sebagai informan kunci (key informant), melakukan wawancara, pengamatan alat-alat musik karawitan jawa, dan memulai mengajukan pertanyaan deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis domain, yaitu memperoleh gambaran umum dan menyeluruh dari alat-alat musik karawitan sebagai objek penelitian, kemudian mengkaji secara matematika dengan pendekatan STEM, yaitu mengindentifikasi objek, merencanakan dan melakukan penyelidikan, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan membuat sebuah kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara alat musik gamelan jawa karawitan dengan pembelajaran  matematika. Terutama pada kajian unsur-unsur  dan sifat yang memiliki bentuk lingkaran, trapesium, persegi panjang, tabung, balok,  bola, dan kerucut.  Kajian sifat-sifat alat musik gamelan karawitan jawa  kemudian disesuaikan dengan Kompetensi Dasar SMK Kejuruan Kesenian, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran matematika dikelas.


Keywords


etnomatematika; etnografi; gamelan jawa karawitan; STEM

Full Text:

PDF

References


Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi STEM Siswa SMA. Journal of Science Education and Practice, 3(2), 1-16.

Bishop, A. (1988b). Mathematical enculturation: A cultural perspective on mathematics education. Boston, MA: Kluwer Academic Publishers.

Danoebroto, S.W. (2016). Studi Kualitatif Tentang Guru Matematika di SMP Sekitar Candi Borobudur Dalam Melaksanakan Pembelajaran yang responsif Budaya. Journal of Mathematics And Education, 3

Dowling, P. (1998). The sociology of mathematics education: Mathematical myths/pedagogic texts. Bristol, PA: Falmer Press.

Gerdes, P. (1996). Ethnomathematics and mathematics education. In J. Bishop et al. (Eds.), International Handbook of Mathematics Education, pp. 909–943. New York: SpringerVerlag.

Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. (2015). How Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Project-based Learning (PBL) Affects High, Middle, and Low Achievers Differently: The Impact of Student Factors on Achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089-1113.

Hanurawan, Fattah. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Hidayati, N., Irmawati, F., & Prayitno, A. (2019). Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 84-92.

Jacob, O. N. (2020, May). An Investigation into the Challenges Facing Administration of STEM Education in Gwagwalada Universal Basic Education Junior Secondary Schools in FCT, Nigeria. International Journal of Research STEM Education (IJRSE), 2(1), 60-75.

Osada, S. S. (2019). Kajian Etnomatematika terhadap Musik Liturgi Inkulturatif Jawa dengan Laras Pelog dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Doctoral dissertation, Tesis. Magister Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta).

Orey, D & Rosa, M. (2006). Ethnomathematics: Cultural Assertions and Challanges Toward Pedagogocal Action. Jurnal of mathematics and cultural vol VI (1) ISSN-1558-5336.

Sukmana, R. W. (2017, Desember). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 191-199.

Toto. (2019). STEM-Based Science Design in the 2013 Curriculum. Journal of Physics.

Twiningsih, A. T. (2020). Improving Student Learning Outcomes Through Stem-Based Magic Box Medium in The Concept of Addition Theory. International Journal of Research in STEM Education, 2(1), 79-80.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.