Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika

Wharyanti Ika Purwaningsih, Supriyono Supriyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengambilan subjek dengan teknik purposive. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII SMP tahun pelajaran 2019/2020 yang berkemampuan matematika tinggi. Instrumen penelitian berupa soal tes materi bangun ruang sisi datar, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi memenuhi keempat indikator berpikir kreatif yang digunakan yaitu fluency, flexibility, orisinalitas, dan elaboration.  Hal ini ditunjukkan dengan mampu memberikan beberapa alternatif jawaban berupa kemungkinan bentuk bangun ruang sisi datar beserta ukurannya, mampu melihat permasalahan dengan sudut pandang/pendekatan yang berbeda sehingga dapat memberikan lebih dari satu kemungkinan bentuk bangun ruang sisi datar berserta ukurannya, mampu memberikan kemungkinan bentuk bangun ruang sisi datar berserta ukurannya yang berbeda dari teman lainnya serta mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal.


Keywords


bangun ruang sisi datar; berpikir kreatif; penyelesaian masalah

Full Text:

PDF

References


Artikasari, E.A., & Saefudin, A.A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 3, No. 2, November 2017. Halaman 59-145. ISSN : 2459-9735.

Dafid Slamet Setiana, Riawan Yudi Purwoko. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 7. No. 2. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Mawaddah, Anisah S., Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Edu-Mat.

Mursidik, E.M., Syamsiyah, N., & Rudyanto, H.E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. Vol. 4, No. 1, Februari 2015. Halaman 23-33. ISSN 2089 -3833.

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogical Content Knowledge dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 42–55.

Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., Instanti, D. (2018). Implementation of Pedagogical Content Knowledge Model in Mathematics Learning for High School. Journal of Physics: Conference Series. DOI: 10.1088/1742-6596/1254/1/012079

Putri, R.I., & Santosa, R.H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2, November 2015. Halaman 262-272. ISSN: 2477-1503.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sara, S., Johar, R., & Zubainur, C. M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran dengan Model Treffinger pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 2, No. 3, Desember 2012. Halaman 248-262.

Susiana, E. (2010). Ideal Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano. Vol. 1, No. 2. Halaman 73-82. ISSN: 2442-4218.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.