Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis etnosains tema ekosistem terhadap aktivitas belajar siswa

Sulistyowati Sulistyowati, Fine Reffiane, Diana Endah Handayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan berbagai mata pelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Di dalam kelas pembelajaran masih mendorong untuk mengahafal informasi tanpa fasilitas yang mengarah pada hubungan materi dengan pengetahuan siswa. Hal tersebut menyebabkan anak tidak bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya, dan cenderung pasif serta tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis etnosains terhadap aktivitas belajar siswa kelas V di SD Negeri Kedondong 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Kedondong 2 dengan menggunakan model project based learning berbasis etnosains. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kedondong 2 yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas awal dan akhir, uji beda rata-rata, uji ketuntasan belajar dan uji regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan diperoleh koefisien determinasinya sebesar 64 %. Pada uji independen juga diperoleh Fhitung sebesar 6740,79 dan Ftabel = 4,28. Jadi Fhitung ˃ Ftabel jadi H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh model project based learning berbasis etnosains. Sedangkan pada uji beda rata-rata diperoleh menggunakan uji beda rata-rata thitung sebesar = 17,04 dan ttabel sebesar = 2,021. Jadi thitung ˃ ttabel, maka H0 diterima artinya ada rata-rata aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model PJbL berbasis etnosains lebih dar aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model PJbL berbasis etnosains.


Keywords


aktivitas belajar siswa; etnosains; project based learning

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriani, Nur Intan., & Setiawan, Beni. (2017). "Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa". Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2): 71-76.

Hartini, Ayu. (2017). “Pengembangan Perangkat Peembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a): 6-16.

Indrawati, Mayang., & Qosyim, Ahmad. (2017). “Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains Pada Materi Bioteknologi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX”. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5(02): 152-158.

Kamayani, Diah I.A. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Lerning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sd Gugus IX Kecamatan Buleleng”. Jurnal Undiksha, 1(1): 1-10.

Lestari, Nila. (2019). "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1) : 13 - 23.

Nurfitriyanti, Maya. (2016). “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Formatif, 6(2) : 149-160.

Nurroeni, Chusnul. (2013). "Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA". Journal Of Elementary Education, 2(1): 54-60.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2016 tentang Kurikulum (2013). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purnamasari, Novika. (2016). "Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi di SD Pocangan 1 Jember". Skripsi. Jember : Universitas Jember.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains). Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Sudirman, Farida. (2017). "Penerapan Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) Materi Kalor Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa XI MAN BARAKA". Skripsi. Makassar : UIN Alauddin Makassar.

Undang-Undang republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yuliana, Ivo. (2017). “Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2) : 98-106.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.