Persepsi siswa terhadap pembelajaran klasifikasi organisme berbasis daring

Dwi Haryanti, Suwarto Suwarto, Dudy Iskandar

Abstract


Terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, memaksa SMA N 1 Tawangsari untuk menerapkan pembelajaran daring secara intensif. Namun penerapan ini perlu evaluasi agar diketahui bentuk pembelajaran daring seperti apa yang diinginkan siswa. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah memahami persepsi siswa dalam mempelajari materi Klasifikasi organisme berdasarkan pembelajaran berbasis daring.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan angket yang disebarkan kepada siswa. Hasil persepsi sebagian besar siswa menyatakan mendukung pembelajaran daring dengan e-learning dan setuju dengan kemudahan aksesibilitasnya, namun sangat rendah dari sisi kemudahan penggunaan, pemahaman materi, dan interaksi. Sehingga 65% menyatakan e-learning tidak menarik dibandingkan belajar tatap muka, 30% menyatakan masih menarik, dan sisanya ragu-ragu.


Keywords


Covid-19; e-learning; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Amalia, F., Sulistyo, R. T., & Brata, A. H. (2020). Analisis Tingkat Penerimaan E-Learning Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Siswa SMK. SMATIKA JURNAL, 10(02), 41-47.

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.

Bujang, S. D. A., Selamat, A., Krejcar, O., Maresova, P., & Nguyen, N. T. (2020). Digital Learning Demand for Future Education 4.0—Case Studies at Malaysia Education Institutions. Informatics, 7(2), 13. https://doi.org/10.3390/informatics70 2013

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 218616.

COVID-19, G. T. P. P., & Indonesia, R. (2020). Hub InaCOVID-19. Bnpb-Inacovid19.Hub.Arcgis.Com. https://bnpb- inacovid19.hub.arcgis.com/

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19:(The Application of E-Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0 to Suppress the Spread of Covid-19). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46-55.

Maris, S. (2020). Enam Kebijakan Kemendikbud dalam Masa Darurat Covid-19. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read /4227701/enam-kebijakan- kemendikbud-dalam-masa-darurat- covid-19

Mesran, Sulaiman, O. K., Wijoyo, H., Putra, S. H., Watrianthos, R., Sinaga, R., Mardiana, R., Saragih, M. G., & Indarto, S. L. (2020). Merdeka Kreatif di Era Pandemi Covid-19: Suatu Pengantar. Green Press.

Prabowo, D. (2020). Diterapkan Jokowi Lawan Corona, Apa Itu Pembatasan Sosial Berskala Besar? Nasional.Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/20 20/03/31/20433601/diterapkan- jokowi-lawan-corona-apa-itu- pembatasan-sosial-berskala- besar?page=all

Putri, R. E. (2015). Model Interaksi dalam E-learning. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.975 9

Sari, R. M. M., & Priatna, N. (2020). Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR-Learning). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 107-115.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua. https://doi.org/10.21107/metalingua. v5i1.7072

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Worldometers. (2020). COVID-19 Coronavirus Pandemic. Worldometers.Info2. https://www.worldometers.info/coronavirus/?utm_campaign=homeAdveg as1?




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.