Pengaruh Model Diskursus Multy Representasy (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Dewi Azizah, Farida Eka Handayani

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian posttest-only control design. Instrumen pada artikel ini menggunakan tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah siswa materi kubus dan balok. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui posttest. Analisis data diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan analisis data diperoleh thitung(3,113) > ttabel(1,960), maka dapat dikatakan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model DMR dan model Direct instruction terdapat perbedaan, serta kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model DMR lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model Direct Instruction.


Keywords


DMR, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Full Text:

PDF

References


Arismawati, Umi, dan Widjayanti, Djamillah Bondan,. "Efektivitas model pembelajaran problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta." Jurnal Pendidikan Matematika 6.9 (2017): 9-19.

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., Instanti, D. (2018). Implementation of Pedagogical Content Knowledge Model in Mathematics Learning for High School. Journal of Physics: Conference Series. DOI: 10.1088/1742-6596/1254/1/012079

Rostika, D., & Junita, H. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning. Silogisme. 1(2), 4-14.

Wirawan.2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.