MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E dan VII F. Kelas VII E adalah kelas eksperimen dan kelas VII F adalah kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik mencapai 60% berarti bahwa lebih besar dari standar sekolah, minat belajar matematika mencapai 75%, berarti minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Prestasi peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli lebih baik dari pada model pembelaaran konvensional.
Kata kunci: Think Pair Share; Minat belajar; Prestasi peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, L., Isnani, I., &Sina, I. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 100-110.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PustakaSetia.
Isnani, M. S., & Ambarwati, R. (2011). Keefektifan Metode Think, Pair and Share Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Cd Interaktif Materi Bangun Ruang Kelas V. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 6(2).
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2017.Penelitian Penidikan Matematika. Bandung: PT RefikaAditama.
Hamdayana, Jumanta, S.Pd., Msi 2017. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berfikir, Bogor: Galih Indonesia.
Santri, D. A., Darmadi, I. W., &Kamaluddin, K. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Alat Praktikum Sederhana terhadap Hasil Belajar SiswaKelas VIII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 4(4).
Suprijono, A. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar
Yandari, I. A. V., &Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Terhadap
Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 10-1
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6119
Refbacks
- There are currently no refbacks.