PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Abstract
Proses pembelajaran yang efektif merupakan salah satu unsur untuk mencapai tujuan keberhasilan dalam pembelajaran. Guru di SMK Gondang sudah mengupayakan variasi dalam mengajar sesuai kurikulum yang diterapkan yaitu dengan menerapkan pembelajaran PBL. Namun, penerapannya belum maksimal. Siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika jika tidak ada penjelasan materi terlebih dahulu. Padahal langkah awal dalam penerapan PBL yaitu siswa diberikan permasalahan terlebih dahulu untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa baik kemampuan pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah yaitu dengan pembelajaran CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran CTL berbantuan LKPD dengan pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Gondang Wonopringgo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa. Analasis data pada penelitian ini menggunakan uji beda rerata multivariate. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Ho ditolak menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa baik dengan penerapan pembelajaran CTL maupun pembelajaran PBL.
Kata kunci : CTL, LKPD, Pemahaman konsep, Pemecahan Masalah.
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono. 2015. Pengantar Metode Statistika Multivariat. Surakarta: UPT UNS Press.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Hakim, Saiful. 2013. Penerapan Contextual Teaching dan Learning (CTL) dengan Media Powerpoint terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Pekajangan. Universitas Pekalongan: Tidak diterbitkan.
Jhonson, Elaine B. 2014. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mauke, Misrun, I Wayan Sadia, dan I Wayan Suastra. 2013. "Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara." e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha , 3.
Rusyida, Wilda Yulia, Mohammad Asikin, dan Edy Soedjoko. 2013. "Komparasi Model Pembelajaran CTL dan MEA terhadap Pemecahan Masalah Materi Lingkaran" Unnes Journal of Mathematics Education , 2 (1), 1-7.
Widyastuti, E. 2015. "Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw." Journal Mathematics Education , 1 (1), 50-64.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6111
Refbacks
- There are currently no refbacks.