PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap sosial berbasis proyek pada pembelajaran fisika. Pengembangan instrumen sikap sosial dilakukan melalui delapan (8) langkah, yaitu: (1) menyusun spesifikasi instrumen; (2) telaah instrumen; (3) melakukan uji coba terbatas; (4) menganalisis instrumen (5) memperbaiki instrumen; (6) melakukan ujicoba luas; (7) Menafsirkan hasil; (8) instrumen final. Subjek penelitian yang digunakan adalah 112 siswa kelas X SMA, yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 65 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli. dan angket. Validasi isi dilakukan oleh 3 expert judgment dengan Agreement Index 0,830. Hasil analisis factor menunjukan bahwa dari 34 item mengelompok menjadi 7 faktor yaitu: 1) perilaku jujur, 2) disiplin, 3) tanggung jawab, 4) toleransi, 5) gotong-royong, 6) santun dan 7) percaya diri, dengan reliabilitas Alpha Cronbach 0,919.
Full Text:
PDFReferences
Agboola, A. dan Tsai, K. Chen. (2012). Bring Character Education into Classroom. EuropeanJournal of Educational Research. Vol. I No. 2 (163-170).
Ahmad, S. (1998). Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral, dan Spritual Anak DalamKeluarga Muslim. Mitra Pustaka. Yogyakarta.
Angelis, De Barbara. (1997).Confidence: Percaya Diri Sumber Sukses danKemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Aqib, Z dan Sujak. (2012). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Azwar S. (2014). Reliabilitas dan Validitas, Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Chang, F. dan Munoz,M.A. 2006. School Personnel Educating the Whole Child:Impact of Character Education on Teachers’ Selfassessment and Student Development”. Journal of Personnel Evaluation in Education. Vol. l9 (35-49).
Darmansyah. (2014). Teknik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial dalam Pendidi-kan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gadang Nanggalo. Jurnal Al-Ta’lim Universitas Negri Padang.
Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Journal of Chemical Education.
Kusaeri dan Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Lauster, P. 2002. Tes Kepribadian (Alih Bahasa: D.H Gulo). Edisi BahasaIndonesia. Cetakan 13ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nusa Medika
Maslow, A.H. (1968). Toward a Psychology of Being, 2ed. New York: D. Van Nostrad.
Masrukan.(2013). Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika. Semarang: .Swadaya Manunggal.
Nolan dkk. (2012). Survey Asessing Students Attitudes Town Ard Statistics: A systematic Review of validity and Reliability. Journal of Statistic Research. 11( 2), 103-123
Paltiman Lumban Gaol, Muhammad Khumaedi & Masrukan. Jere 6 (1) , 63- 70
Coe, R. (1988). Can feedback improve teaching? A riviwer of the social science literature with a view to identifying the condition under which giving feedback to teachers will result in improved performance. Recearch Papers in Education, 13 (1), 43-66.
Puji Astuti, W. Wibawanto, H. dan Khumaedi, M. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Praktik Perawatan Kulit Wajah Berbasis Kompetensi di Universitas Negeri Semarang. IJCET 4 (1).
Purwanto. (2007). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ross, J. A., & Bruce, C D. (2007). Teacher selfassessment: A mechanisme for facilitating profesional growth. Teaching and Teacher Education, 23, 146-159.
Stiggin, R.J.(1994). Student Centered Classroom Assessment. Mac Millan College Publishing Company. New York.
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D) Cetakan Ke-6.Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. (2013). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemedikbud..
Yumaroh, Wahyu Lestari, Masrukan. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK. Jere 3 (2)
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6081
Refbacks
- There are currently no refbacks.