ANALISIS PROSES BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI TURUNAN

Arlin Astriyani

Abstract


Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah  tergantung dari jenis kecerdasan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses berpikir matematis peserta didik menyelesaikan  masalah aplikasi turunan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri satu orang peserta didik yang dengan rerata hasil belajar paling tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir proses berpikir matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan menggunakan beberapa tahap penyelesaian berupa : (1) menggaris bawahi apa yang diketahui dalam soal cerita, (2) menghubungkan apa yang diketahui dalam soal dengan apa yang ditanyakan, (3) Mengolah informasi yang diperoleh dari soal, sehingga akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan.


Full Text:

PDF

References


Dodi, Hudiono, B., & Suratman, D. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis peserta didik pada Materi Limit Fungsi Aljabar di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(8), 1–15.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Peserta didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

NCTM. 2010. Why Is Teaching With Problem Solving Important To Student Learnig? www.nctm.org/.../Research_brief_14_- _Problem_Solving.pdf. diakses tanggal 20 Desember 2019

Rustaman, N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.

Santrock, John. W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Kencana-Prenada Media Group

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Peserta didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.