IMPLEMENTASI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan Student Active Learning di SD Islam Al Syukro Ciputat Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Student Active Learning layak digunakan pada setiap proses pembelajaran dari mulai proses perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian. Hasil akhir dari pelaksanaan di sekolah dapat dideskripsikan bahwa guru menjadi lebih kreatif dan siswa menjadi lebih konstruktif, selama proses pembelajaran aktivitas belajar siswa dalam kelas menjadi lebih positif.
Kata kunci: Student Active Learning, pembelajaran, aktivitas belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi , Abu, & Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar,(Bandung: Pustaka Setia, 2005).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
De Porter, Bobbi, Reaardon, Mark dan Singer, sarah, quantum Teaching Bandung: Kaifa, 2000
Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Direktorat Pendidikan Keagamaan, 2002).
Ed, Ellys J., Kiat-Kiat Meningkatkan Potensi Belajar Anak, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2004).
R Y Purwoko et al . 2019. Batik Nusantara Pattern In Design Of Mathematical Learning Model For Elementary School. J. Phys.: Conf. Ser. 1254 012001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012001
Silberman, Melvin L., Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusamedia, 2006).
Sukandi, Ujang, Belajar Aktif dan Terpadu, (Surabaya: Duta Graha Pustaka, 2004).
Sudjana, Nana, Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, (Bandung: Rosada Karya, 2000).
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006).
Winkel, WS., Psikologi Pengajaran, (Jakarta : Gresindo, 2000).
Yasin, A. Fatah, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Sukses Offset, 2008).
Zaini, Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Islam Madani, 2006)
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006).
Winkel, WS., Psikologi Pengajaran, (Jakarta : Gresindo, 2000).
Yasin, A. Fatah, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Sukses Offset, 2008).
Zaini, Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Islam Madani, 2006)
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6079
Refbacks
- There are currently no refbacks.