INTEGRASI MOTIF BATIK ADI PURWO DALAM PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan pendidikan saat ini adalah kurangnya pembelajaran yang berkaitan dengan kebudayaan khususnya kebudayaan daerah setempat. Hal itu mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa tentang kebudayaan daerah tempat tinggalnya. Selain itu, bahan ajar berupa LKS yang digunakan dalam pembelajaran khususnya matematika, masih sedikit yang dikaitkan dengan kebudayaan. Apabila dicermati pendidikan dan kebudayaan merupakan dua hal yang saling berkaitan dan mampu menjadi solusi dari masing-masing permasalahan apabila diterapkan dengan tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis etnomatematika dengan budaya batik Adi Purwo untuk siswa Sekolah Dasar pada materi bangun datar. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif dan data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menjelaskan hasil pengembangan produk. Berdasarkan analisis data ditinjau dari aspek kevalidan LKS diperoleh rata-rata skor 3,85 dengan kategori “Valid”. Respon siswa terhadap LKS memperoleh rata-rata skor 3,9 dengan kategori “Praktis”, dan keefektifan dengan skor respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif yaitu 92,9%, ketuntasan belajar 86% dari KKM 68 dengan rata-rata nilai 78,05, dan siswa mengalami peningkatan hasil belajar sehingga LKS dalam kategori “Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis etomatematika yang dikembangkan “Layak” digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika sekaligus penanaman karakter siswa.
Kata kunci: LKS, batik, Etnomatematika, Adi Purwo
Full Text:
PDFReferences
D’Ambrosio, U. 2007. “Peace, Social Justice and Ethnomathematics”. The Montana Mathematics Enthusiast, Monograph. 1, p.34.
Fannie, Rizky Dezricha & Rohati. 2014. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA”. Jurnal Sainmatika, Vol. 8, No. 1.
Hapsari D.P, Riawan Y. P. dan Erni P.A. (2018). Integrasi Model PCK pada Pengembangan Modul Matematika untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. Vol. 7 (2). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3243
Iskandar & Kustiyah, Eni. 2017. “Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia di Era Globalisasi”. Gema, THN XXX, 52.
Nur Djazifah ER. 2015. “Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya pada Lembaga Pendidikan Nonformal di daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 8, No.1.
Nurtasari, H.R. & Manoy, J.T. 2016. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Media Tangram pada Pembelajaran Matematika Materi Jajargenjang dan Belahketupat”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 5.
Murti, Rahayu Condro. 2009. “Meningkatkan Kemampuan Matematika Di Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pembelajaran Sosiokultural”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 02, No. 2, p. 166.
Rosa & Orey. 2006. “Current Approaches in the Ethnomathematics as a Program: delineating a path toward pedagocical action”. Bolema, Vol. 19, No. 26, p. 7.
R Y Purwoko et al .2019. Batik Nusantara Pattern In Design Of Mathematical Learning Model For Elementary School. J. Phys.: Conf. Ser. 1254 012001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012001
Steelyana, E. 2014. Batik, A Beautiful Cultural Heritage That Preserve Culture and Support Economic Development In Indonesia.
Suastika, Ketut. 2017. ”Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Student’s Creativity”. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol. 12, No. 3, p. 570.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, D. P., dkk. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecedasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP”. Jurnal Elektronik Pembelajjaran Matematika, Vol. 2, No. 5, p. 534-549.
Zayyadi, M. 2017. “Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura”. Jurnal ∑▒〖IGMA 〗, Vol. 2, No. 2, p. 36.
Zhang, W., & Zhang, Q. 2010. “Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum”. Journal of Mathematics Education, Vol. 3, No. 1, p. 152.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6078
Refbacks
- There are currently no refbacks.