PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL TUTORIAL PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR

Dwi Jatmoko, Aci Primartadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul sebagai media pembelajaran elektronik dengan tutorial model pembelajaran dengan situs web tentang teknologi sepeda motor dalam Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif dengan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pembuatan e- module (Research and Development). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis eksperimental. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan desain pembelajaran, (3) pengembangan desain produk, (4) evaluasi produk, (5) implementasi dan evaluasi produk yang direvisi. Hasil penelitian ini adalah skor validasi yang dilakukan oleh satu ahli materi 82% dan skor pakar media 83%. Subjek uji coba terdiri dari: tiga siswa menerima skor rata-rata 79%, skor rata-rata delapan siswa untuk uji coba kelompok kecil 80%, dan skor dua puluh lima siswa untuk uji coba kelompok besar mendapatkan 82%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk aspek strategi pengiriman, kegunaan, desain modul, prosedur praktik Teknologi Sepeda Motor, dan operasi e-modul online yang diperoleh tes analisis prasyarat. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media e-module efektif untuk penggunaan pembelajaran teknologi sepeda motor.

Kata kunci: Metode Pembelajaran Tutorial, Teknologi Sepeda Motor, Website, E-Module


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Ashar. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Hapsari D.P, Riawan Y. P. dan Erni P.A. (2018). Integrasi Model PCK pada Pengembangan Modul Matematika untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. Vol. 7 (2). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3243

Ikhsan, M . (2012). Prinsip Pembuatan Media Pendidikan-Sebuah Pengantar. http://teknologipendidikan.wordpress.com/2017/03/21/prinsip-pembuatan-media-pendidikan-sebuah-pengantar/

Pavlov, I. P. (1902). The Work of the Digestive Glands. London: Charles Griffin, 1902, hal. 23-33

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Sudjana. (2010) Metode Statistik. Bandung: PT. Tarsito

Sujana, N dan Rivai. (2014). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sumantri. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Proyek Pendidikan Guru, Dirjen Dikti, Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.