PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran dengan model PBL berbantuan Peta Konsep untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model PBL berbantuan Peta Konsep yang valid, (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model PBL berbantuan Peta Konsep yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi, FGD dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata uji t, analisis uji banding sample t test, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain. Pengembangan perangkat ini dimulai dari penelitian eksplorasi dengan pendekatan kualitatif, analisis kebutuhan, pengembangan perangkat uji pakar, dan uji produk terbatas. Pengembangan perangkat pembelajaran yang akan dilakukan dalam penelitian ini meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, lembar lerja siswa (LKS), dan instrument hasil belajar. Hasil penelitian: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan melalu tiga tahapan define, design, develop , (2) Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini valid, (3) Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, IPS
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5672
Refbacks
- There are currently no refbacks.