PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KARTODIPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Tri Wahyu Swadani, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas peserta didik dalam mengatasi masalah dan membuat suatu karya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua sikluas. Metode pengumpulan data menggunakan tes atau latihan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan presentase untuk mengetahui dan menganalisis kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik meningkat dari siklus satu ke siklus dua dengan peningkatan sebesar 23%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas peserta didik meningkat secara siginifikan (kategori baik).  Hasil ini diperkuat dengan hasil pekerjaan peserta didik dan hasil karya membuat kincir air sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa model pembelajaran “Problem Based Learning” dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, kreativitas


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.