PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL SISWA SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kreatif pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas II SD N Salatiga 01 Tahun Ajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD N Salatiga 01 yang berjumlah 37 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis interaktif dengan tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai berpikir kreatif siswa pada setiap siklus, yaitu 62% dengan kategori berpikir kreatif tinggi pada siklus I, dan meningkat menjadi 82,31% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas II SD N Salatiga 01 Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci: berpikir kreatif, Project Based Learning (PjBL), tematik
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5666
Refbacks
- There are currently no refbacks.