ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PRISMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER

Aprillia Fitri Rahayu, Helti Lygia Mampouw

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah terkait  prisma, ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Berpikir kreatif digali menggunakan soal tentang volume prisma. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X SMK yakni subjek berkemampuan matematika tinggi laki-laki (TL) dan perempuan (TP),  subjek berkemampuan matematika sedang laki-laki (SL) dan perempuan (SP) serta subjek  berkemampuan matematika rendah laki-laki (RL) dan perempuan (RP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek TL berada pada tingkat 3 (kreatif) karena memenuhi  fleksibilitas dan kebaruan dalam berpikir kreatif. Subjek TP dan RL berada pada tingkat 2 (cukup kreatif) karena memenuhi  kebaruan dalam berpikir kreatif. Subjek RP berada pada tingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi kefasihan dalam berpikir kreatif. Subjek lain tidak terdeteksi adanya berpikir kreatif.

Kata Kunci: berpikir kreatif, prisma, kemampuan matematika, gender


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.