ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PRISMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah terkait prisma, ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Berpikir kreatif digali menggunakan soal tentang volume prisma. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X SMK yakni subjek berkemampuan matematika tinggi laki-laki (TL) dan perempuan (TP), subjek berkemampuan matematika sedang laki-laki (SL) dan perempuan (SP) serta subjek berkemampuan matematika rendah laki-laki (RL) dan perempuan (RP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek TL berada pada tingkat 3 (kreatif) karena memenuhi fleksibilitas dan kebaruan dalam berpikir kreatif. Subjek TP dan RL berada pada tingkat 2 (cukup kreatif) karena memenuhi kebaruan dalam berpikir kreatif. Subjek RP berada pada tingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi kefasihan dalam berpikir kreatif. Subjek lain tidak terdeteksi adanya berpikir kreatif.
Kata Kunci: berpikir kreatif, prisma, kemampuan matematika, gender
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5665
Refbacks
- There are currently no refbacks.