ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERTUMBUHAN DAN PELURUHAN DITINJAU DARI KESALAHAN NEWMAN

Elliya Pangesti, Helti Lygia Mampouw

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang pertumbuhan dan peluruhan ditinjau dari  tahapan kesalahan Newman. Penelitian ini termasuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas X SMK, masing-masing 1 subjek berkemampuan matematika tinggi (ST), 1 subjek berkemampuan matematika sedang (SS) dan 1 subjek berkemampuan matematika rendah (SR). Peneliti adalah instrumen utama dibantu soal tes tentang pertumbuhan dan peluruhan serta pedoman wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menurut kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ST melakukan kesalahan pada tahap keterampilan dalam menghitung bilangan berpangkat pada topik peluruhan zat radioaktif. SS melakukan kesalahan pada tahap penulisan hasil akhir dengan tidak menuliskan kesimpulan di bagian akhir pekerjaan dalam topik pertumbuhan bunga majemuk dan tahap transformasi pada penulisan jumlah penduduk yang tidak sesuai dengan informasi dalam topik pertumbuhan dan penurunan penduduk. SR melakukan kesalahan pada semua topik pembahasan dengan tidak menuliskan informasi pada tahap transformasi, kurang tanda negatif pada tahap ketrampilan dan tidak memberikan kesimpulan pada tahap penulisan hasil akhir.

Kata Kunci: kesalahan Newman, pertumbuhan, peluruhan, soal cerita


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.